Alexis Ohanian: Cara tampil beda di social media

Dalam 4 menit yang lucu dan bersemangat, Alexis Ohanian dari Reddit menceritakan fabel nyata dari seekor ikan paus bungkuk yang menjadi bintang di dunia maya. Pelajaran dari Mister Splashy Pants pastinya akan menjadi cerita klasik untuk para pembuat meme dan para pemasar di era Facebook.


Nah, ada banyak konsultan web 2.0 yang bayarannya sangat mahal. Jadi, mereka mencari nafkah dari hal-hal seperti ini. Saya akan berusaha supaya Anda tidak perlu rugi waktu dan biaya dan berbicara tentang itu dalam tiga menit ke depan, jadi bersabarlah dengan saya. Saya membuat sebuah situs internet pada tahun 2005, bersama beberapa teman, namanya Reddit.com. Ini yang disebut orang situs internet social news.

Pada dasarnya itu berarti halaman depannya yang demokratis yang berisi hal-hal yang paling baik pada di internet. Anda bisa menemukan beberapa isi yang menarik, misalnya: TEDTalk. daftarkan ke Reddit, dan komunitas Anda akan memilih ‘naik’ kalau mereka suka, ‘turun’ kalau tidak. Dan inilah yang menjadi halaman depannya. Dia selalu naik, turun, selalu berubah. Sekitar setengah juta orang berkunjung setiap hari. Tapi ini bukan tentang Reddit. Ini tentang menemukan hal baru yang lahir di internet. Karena dalam sekitar empat tahun belakangan, kita telah melihat bermacam-macam meme, macam-macam tren yang lahir di halaman depan situs kami.

Tapi ini bukan tentang Reddit. Ini adalah tentang ikan paus bungkuk. Baiklah, OK, secara teknis ini sebenarnya tentang Greenpeace, sebuah organisasi lingkungan yang ingin menghentikan kampanye pembunuhan ikan paus Pemerintah Jepang. Ikan-ikan paus bungkuk ini dibunuh. Mereka ingin menghentikannya. Dan salah satu caranya adalah dengan memasukkan chip pelacak di salah satu ikan-ikan paus bungkuk itu. Tapi supaya aksinya lebih terasa berkarakter, mereka ingin memberi nama ikannya.

Jadi, dengan semangat web 2.0 mereka membuat pemilihan dimana mereka menyiapkan nama-nama usulan mereka yang sangat terpelajar, dipikirkan matang-matang, berbobot. Ini adalah bahasa Farsi untuk “abadi”. Yang ini sepertinya artinya “kesaktian samudera” dalam bahasa Polinesia. Dan muncullah yang satu ini: Mister Splashy Pants. (Bapak Celana Ngejreng) (tertawa)

Dan ini, ini sangat spesial. Mister Pants, atau Splashy, panggilan akrabnya, sangat ngetop di internet. Bahkan, seseorang di Reddit berpikir, “Wah, bagus nih, kita semua harus memilihnya untuk naik.” Dan, tahu sendiri, Redditors merespon dan semuanya setuju. Jadi, pengambilan suara dimulai dan bahkan kami ikut-ikutan juga. Kami mengubah logo kami untuk hari itu, dari gambar alien menjadi si Splashy, untuk mendukung aksi ini. Dan tidak lama setelahnya, situs lain seperti Fark dan Boing Boing dan seluruh internet mulai berkata, “Ya! Kami cinta Splashy Pants.”

Jadi, suaranya mulai naik dari lima persen, ketika meme ini dimulai, menjadi 70 persen di akhir pengambilan suara. Hebat kan? Kita menang! Mister Splashy Pants berhasil terpilih. Hmm, becanda. Oke. Nah, Greenpeace ternyata tidak terlalu senang dengan hasil ini, karena mereka ingin satu dari nama terpandang itu yang menang. Jadi mereka bilang, “Nggak, nggak, cuma bercanda. Pemungutan suara diperpanjang satu minggu lagi.”

Nah, ini membuat kita sedikit marah. Jadi, kita mengubahnya menjadi Fightin’ Splashy. (Si Ngejreng sang Pejuang) (tertawa) Dan komunitas Reddit, benar-benar, dan seluruh internet, malahan, benar-benar mendukung ini. Facebook group mulai bermunculan. Aplikasi Facebook mulai bermunculan. Idenya adalah, “Pilih suara hati Anda,” pilih Mister Splashy Pants. Dan orang-orang mulai memasang tanda di dunia nyata — (tertawa) — tentang si ikan paus ini. Dan inilah suara akhirnya. Ketika semuanya sudah beres … 78 persen suara, dan untuk memberikan gambaran jomplangnya suara ini, nama tertinggi kedua hasilnya tiga (persen). Oke?

Jadi, ada pelajaran yang sangat berharga di sini. Bahwa komunitas internet suka sekali Mister Splashy Pants. Jelas dong. Itu adalah nama yang keren. Semuanya ingin mendengar pembawa acara TV berkata, “Mister Splashy Pants.” (Bapak Celana Ngejreng) (tertawa) Dan saya pikir itulah yang membantu mendorong semua ini. Tapi yang lebih kerennya, imbal baliknya untuk Greenpeace adalah mereka membuat kampanye marketing berdasarkan ini. Mereka menjual kaos dan pin Mister Splashy Pants. Mereka membuat e-card jadi Anda dapat mengirimkan Splashy yang sedang menari ke teman Anda. Tapi yang paling penting adalah fakta bahwa mereka berhasil mencapai misi mereka. Pemerintah Jepang menghentikan ekspedisi pemburuan ikan paus mereka. Misi berhasil. Greenpeace senang. Ikan paus senang. Dia benar-benar bilang begitu. (tertawa)

Dan sebetulnya, Redditor pada komunitas internet sangat senang mengambil bagian, tapi mereka bukan pencinta ikan paus. Sedikit dari mereka yang iya. Tetapi kita berbicara tentang banyak orang yang benar-benar tertarik dan benar-benar ikut serta dalam meme ini, dan bahkan seseorang dari Greenpeace mengunjungi situs kami dan berterima-kasih kepada Reddit atas partisipasinya. Tapi ini bukan karena altruisme. Ini cuma ketertarikan untuk melakukan sesuatu yang keren.

Dan inilah bagaimana internet bekerja. Inilah rahasia besar itu. Karena internet menyediakan kedudukan yang sama. Tautan Anda sama baiknya dengan tautan Anda, yang berarti sama baiknya dengan tautan saya. Selama kita punya browser, semua orang dapat mengakses website apapun tidak peduli berapa uang yang Anda punya. Tentunya, selama kita dapat tetap menjaga kenetralannya.

Hal penting lainnya adalah biaya untuk menciptakan online konten seperti itu adalah nol. Ada banyak alat publikasi yang tersedia, hanya perlu beberapa menit untuk menciptakan sesuatu. Dan harga iterasinya pun sangat murah jadi lebih baik Anda coba saja.

Dan jika Anda mencoba, kerjakan dengan ikhlas. Sungguh-sungguh. Jujur. Dan salah satu pelajaran paling berharga yang diambil Greenpeace adalah kehilangan kendali itu tidak apa-apa. Tidak apa-apa untuk menjadi tidak usah terlalu serius, karena, walaupun ini adalah hal yang sangat serius, kita akan tetap dapat mencapai tujuan kita. Dan itulah pesan terakhir yang ingin saya bagi dengan Anda semua — Anda dapat sukses di dunia maya. Tapi pesannya tidak akan datang dari atas ke bawah lagi. Kalau Anda ingin berhasil, Anda harus menerima bahwa kehilangan kendali itu tidak apa-apa. Terima kasih. (tepuk tangan)

Sumber: http://www.ted.com/talks/lang/id/alexis_ohanian_how_to_make_a_splash_in_social_media.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s